lomba-desa-tingkat-kabupaten-tahun-2024-di-desa-gondoharum-kecamatan-jekulo-kabupaten-kudus

Desa Karangbener mewakili Kecamatan Bae untuk Lomba Desa tingkat Kabupaten Kudus

 23 April 2024 |  Administrator

Sebanyak sembilan desa/kelurahan di Kabupaten Kudus mengikuti lomba desa. Pelaksanaan lomba desa dilakukan dari tanggal 22-30 April 2024.

Adapun peserta lomba desa diantaranya, Desa Gondoharum Kecamatan Jekulo, Desa Undaan Kidul Kecamatan Undaan, Desa Ngembal Kulon Kecamatan Jati. Desa Tenggales Kecamatan Mejobo, Desa Mijen Kecamatan Kaliwungu, Desa Kauman Kecamatan Kota, Desa Klumpit Kecamatan Gebog. Kemudian Desa Karangbener Kecamatan Bae, dan Desa Piji Kecamatan Dawe.

Kemudian peserta dari keluarahan, yakni Kelurahan Mlati Kidul Kecamatan Kota, Kelurahan Purwosari Kecamatan Kota, dan Kelurahan Mlatinorowito Kecamatan Kota.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat (PMD) Kudus Harso Widodo mengatakan, peserta lomba merupakan desa/kelurahan yang terpilih untuk mewakili kecamatan.

Kandidat terpilih nantinya diseleksi kembali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus. “Setiap hari ada dua desa maupun kelurahan yang kami seleksi,”katanya kemarin. Ia menerangkan, terdapat 18 bidang kriteria yang harus dimiliki peserta lomba desa.

Seperti bidang kewilayahan, bidang kuangan, bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan, dan lain-lain. Menurutnya, penilain terpenting bagi peserta lomba desa pada bidang pemberdayaan masyarakat.

Sebab, bidang ini yang menjadi tolak ukur kesejahteraan masyarakat. Meski demikian, bidang yang lain juga kriteria pokok. 

Namun ada catatan penting yang harus diperhatikan pemerintah desa sebagai bahan evaluasi.

“Kami juga melihat bagaimana respon masyarakat dalam mendukung pemerintah desa dan kelurahan,” terangnya.

Peserta lomba yang masuk dalam kriteria akan dinyatakan sebagai juara tingkat kabupaten dan diusulkan lomba desa kembali kejenjang berikutnya.

 


/storage/artikel/z0QB68teMV6Y2jFG55umbqrkcGDQli2jWoih20vl.jpg

Amin Rahmat, S.STP
Camat Bae

SIKEMA

Kirim Keluhan

Lacak Keluhan Anda!

KELUHAN TERJAWAB

AGENDA KEGIATAN


  • Event tidak tersedia.

Amin Rahmat, S.STP
Camat

PENGUNJUNG